Sebaiknya anda tahu tentang Diabetes

Diabetes dikenal sebagai silent killer karena sering tidak disadari oleh penyandangnya dan saat diketahui sudah terjadi komplikasi. Namun, apakah anda tahu jika sedang menderita diabetes? Sebaiknya anda perlu tahu mulai sekarang tentang diabetes.

Diabetes biasa disebut dengan kencing manis merupakan penyakit kronis. Kondisi ini ditandai dengan gangguan pengaturan gula darah dalam tubuh akibat berbagai hal seperti: kurangnya produksi insulin oleh pankreas, kurangnya respon tubuh terhadap insulin, adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin. Maka dari itu, diabetes dibedakan menjadi 2 tipe.

Diabetes Tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 adalah gangguan autoimun yang menyebabkan sistem ketahanan menyerang dan merusak sel-sel yang memproduksi hormon insulin, sehingga pankreas tidak dapat memproduksi hormon tersebut. Hal ini akan mengakibatkan tubuh kekurangan insulin dan meningkatkan kadar glukosa darah. Kondisi ini umumnya menyerang pasien di bawah usia 40 tahun, terutama pada masa remaja. Biasanya gejala penyakit ini lebih cepat terdeteksi pada usia yang lebih muda, terutama pada masa kanak-kanak atau remaja. Penyebab dari kondisi ini belum jelas. Para ahli menduga bahwa penyebab penyakit gula ini mungkin akibat faktor genetik dan lingkungan. Namun, Anda mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kondisi ini jika:

  • orangtua atau saudara kandung Anda yang mengidap kondisi ini.
  • dalam keadaan paparan penyakit virus
  • munculnya autoantibodi
  • kekurangan vitamin D, mengonsumsi susu sapi atau susu formula, dan sereal sebelum usia 4 bulan. Meskipun tidak langsung menyebabkan kondisi ini terjadi, tapi masih berisiko.
Diabetes Tipe 2

Diabetes mellitut tipe 2 adalah diabetes dengan keadaan resistensi terhadap insulin namun tidak terjadi kerusakan pada pankreasnya akibatnya tidak ada insulin untuk memenuhi tubuh dalam memecah glukosa. Diabetes tipe ini sering terjadi pada dewasa yang berumur lebih dari 30 tahun dan menjadi lebih umum dengan peningkatan usia. Obesitas menjadi faktor resiko utama pada diabetes tipe 2. Sebanyak 80% sampai 90% dari penderita diabetes tipe 2 mengalami obesitas. Selain itu, mengkonsumi makanan dan minuman manis lebih dari 1 kali dalam sehari beresiko 53 % menderita diabetes ini pada populasi yang berusia 10 tahun ke atas.

Menurut Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, terdapat 0,6 % penduduk di Indonesia yang berusia diatas 15 tahun atau sekitar 1 juta orang sebenarnya sudah merasakan gejala Diabetes Mellitus namun belum dipastikan atau diperiksa apakah sudah menderita diabetes mellitus apa tidak. Oleh karena itu, perlu anda tahu gejala –gejala penyakit diabetes ini.

Apa saja gejalanya?

Gejala utama diabetes:

  • Sering merasa haus
  • Sering buang air kecil, terkadang terjadi setiap jam dan disebut poliuria
  • Penurunan berat badan yang tidak jelas dan tiba-tiba
  • Kelelahan

Gejala yang jarang terjadi:

  • Mual atau muntah
  • Pada wanita sering terjadi infeksi vagina
  • Infeksi jamur atau sariawan
  • Mulut kering
  • Luka sulit sembuh
  • Gatal pada kulit, terutama pada lipatan paha atau daerah vagina.

Nah, sudah tahu diabetes itu kan? Dan jangan lupa, kenali gejalanya dan ajak anak anda untuk sadar pada penyakit ini juga ya.

Referensi:

https://www.webmd.com/diabetes/guide/understanding-diabetes-symptoms#1

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/apa-itu-diabetes/

http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-diabetes.pdf

Author: Made Satya Nugraha Gautama

Content writer & Design Illustrator @Carenusa.com Saat ini sedang menjalani studi keperawatan di Universitas Gadjah.