Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien Stroke dengan Yoga

Mungkin kebanyakan masyarakat di Indonesia sudah tidak asing dengan yoga, namun faktanya tidak banyak yang mengikuti atau melakukan aktivitas yoga ini.

Hal ini karena dianggap membosankan atau akses dan sumber daya pelatihnya masih terbatas. Namun, aktivitas fisik ini sangat dianjurkan untuk pasien stroke sebagai terapi rehabilitasi atau pemulihan pasien dari kondisi keparahan akibat stroke.

Yoga sudah terbukti secara ilmiah dan disarankan oleh para ahli diberikan untuk pasien pasca stroke untuk meningkatkan multi aspek di tubuh pasien.

Berdasarkan penelitian Journal Complementary Therapies in Medicine tahun 2014, yoga sebagai fungsi terapeutik yang diterapkan untuk pasien stroke ini  adalah latihan dasar bernafas, mempertahankan postur tubuh, relaksasi dalam keadaan duduk, berdiri, posisi tidur terlentang dan meditasi. Penerapan yoga pada pasien stroke efektif dilaksanakan 2 minggu sekali dengan durasi 1 jam.

Hasil yang optimal didapatkan dari latihan ini, diantaranya nyeri yang biasanya dirasakan pasien pada daerah persendian dan ekstremitas menurun, ketahanan tubuh meningkat, ROM (range of motion) pada leher dan tangan menjadi tidak kaku, serta kekuatan pasien menopang badan bisa lebih stabil. Sebelum memulai rehabilitasi ini, kenali dulu karakteristik pasien stroke.

Yoga dianjurkan pada pasien stroke yang telah menjalani rawat jalan dengan durasi stroke lebih dari 6 bulan, dapat berdiri secara mandiri dari kursi tanpa bantuan alat, dan tidak memiliki komplikasi penyakit lain. Terapi rehabilitasi ini sangat memungkinkan diberikan pada pasien stroke, karena pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup pasien itu sendiri.

Dalam menjalankan aktivitas yoga, peran keluarga sangat dibutuhkan.Keluarga dapat memberikan dukungan emosional kepada pasien, memfasilitasi tempat yang memadai untuk latihan, dan jika memungkinkan keluarga berpatisipasi selama kegiatan yoga agar memacu antusias dan semangat pasien stroke.

Sumber:  Schmid, A. A., Miller, K. K., Van Puymbroeck, M., & DeBaun-Sprague, E. (2014). Yoga leads to multiple physical improvements after stroke, a pilot study. Complementary therapies in medicine, 22(6), 994-1000.

Author: Made Satya Nugraha Gautama

Content writer & Design Illustrator @Carenusa.com Saat ini sedang menjalani studi keperawatan di Universitas Gadjah.